PENTINGNYA MENETAPKAN TUJUAN KOMUNIKASI UNTUK MENJADI KOMUNIKATOR HANDAL

Posted by on Sep 25, 2023 in Articles | 0 comments

Belajar Public Speaking |

“Communication is one of the most important skills you require for a successful life.” – Catherine Pulsifer

Baik komunikasi personal maupun profesional, esensi utama dari komunikasi adalah untuk menginformasikan, mempengaruhi, menginspirasi, memotivasi, membangun hubungan, belajar, mendapatkan inspirasi, mempromosikan diri sendiri, dan bersosialisasi. Komunikasi juga digunakan untuk persuasi, negosiasi, dan meningkatkan karir.

Untuk mencapai tujuan komunikasi tersebut dan memaksimalkan percakapan Anda, Anda harus memiliki tujuan komunikasi Anda sendiri. Anda dapat mengarahkan tujuan ini untuk meningkatkan atau mengembangkan keterampilan komunikasi verbal, non-verbal, dan tertulis Anda.

 

Bagaimana caranya menetapkan tujuan komunikasi?

1. Identifikasi Kekurangan Anda

Menetapkan tujuan komunikasi Anda dimulai dengan mengidentifikasi kekurangan Anda dalam komunikasi. Untuk mengidentifikasinya, Anda harus mengevaluasi kehidupan dan pekerjaan Anda, dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa hal yang paling menarik bagi Anda ketika berhubungan dengan orang lain atau di tempat kerja?
  • Feedback apa yang Anda dapatkan dari teman dan kolega?
  • Apa hal-hal yang tidak dapat Anda capai karena keterbatasan yang Anda rasakan dalam beberapa bidang komunikasi?

2. Tentukan Apa yang Ingin Anda Capai

Setelah mengetahui kekurangan Anda, Anda perlu menentukan apa yang ingin Anda capai. Ini tentang bagaimana Anda ingin mengisi ‘kekosongan’ yang telah Anda identifikasi atau bagaimana Anda ingin mengembangkan diri.

3. Garis Besar Tujuan

Menguraikan tujuan komunikasi dengan menuliskan apa yang ingin Anda capai dan sejauh mana Anda ingin mencapainya.

4. Tujuan Komunikasi Anda harus SMART

Tujuan yang SMART adalah tujuan yang layak. Banyak tujuan yang tidak dibuat dengan benar berakhir sebagai mimpi yang tidak tercapai. Oleh karena itu, Anda harus menetapkan tujuan yang terukur, menuliskan bagaimana tujuan tersebut dapat dicapai dan relevan dengan kebutuhan Anda, dan garis waktu yang Anda harapkan untuk mencapainya.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Fobia

Beberapa contoh tujuan komunikasi yang bisa Anda contoh :

1. Meningkatkan Diksi

Diksi berkaitan dengan gaya berbicara atau menulis yang ditentukan oleh pilihan kata Anda saat menyampaikan ide atau sudut pandang. Kuasai penggunaan kata-kata yang tepat dalam konteks komunikasi adalah hal yang penting.

2. Lebih Menarik Saat Berkomunikasi

Kemampuan untuk menarik seseorang (atau audiens) dengan konten atau percakapan yang menarik. Asah keterampilan yang diperlukan untuk membuat audiens tetap tertarik dan terlibat dalam percakapan Anda.

3. Menjadi Pendengar Aktif

Kunci untuk memahami apa yang dikatakan adalah mendengarkan secara aktif. Jika ada informasi yang hilang saat mendengarkan, maka informasi yang diterima tidak sepenuhnya dipahami, yang menyebabkan feedback atau respon yang salah.

4. Mengelola Emosi

Ekspresi emosi dapat membuat atau merusak komunikasi yang efektif. Komunikator yang hebat belajar mengendalikan emosi. Berlatihlah mengendalikan emosi dan tanggapi informasi dengan ekspresi emosi yang tepat.

5. Jadilah Persuasif

Mampu ‘menjual diri sendiri’ dan ide-ide Anda adalah keterampilan penting.  Menjadi persuasif adalah keterampilan yang akan sangat berguna ketika Anda berada di dalam lingkungan yang kompetitif. Pelajari teknik persuasi dan terapkan dalam percakapan Anda.

 

Dengan sering mengintrospeksi diri, Anda akan menemukan peluang untuk meningkatkan komunikasi Anda dan memanfaatkan hubungan Anda sebaik mungkin. Ada banyak keuntungan ketika Anda menguasai seni komunikasi. Mengetahui bagaimana berkomunikasi dan mengelola komunikasi secara efektif adalah keterampilan penting, baik untuk saat ini maupun untuk masa depan.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0812 4950 90

Sumber: https://www.lifehack.org/870977/communication-goals

 

Semoga Bermanfaat!

Originally posted 2022-04-04 10:45:47.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*