Tips Isi Presentasi Yang Menarik

Posted by on Oct 5, 2017 in Articles | 0 comments

Kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang Public Speaker adalah sering mengulangi poin-poin yang sudah dibahas dan kesalahan satu lagi yang sering dilakukan seorang Public Speaker dalam Public Speaking adalah mencoba untuk menjelaskan secara detail dan sejelas-jelasnya mengenai hal yang akan dibicarakan.

Memang untuk beberapa topik seperti SOP tentunya memerlukan penjelasan yang sangat detail. Akan tetapi untuk beberapa topik yang lain, jika penjelasannya yang terlalu detail sehingga menyita banyak waktu, malah akan menyebabkan audiens merasa bosan dan mengurangi perhatian mereka kepada topik yang Anda bahas tersebut.

Berikut ini 4 (empat) tips yang akan membantu Anda untuk membuat isi presentasi Anda menjadi menarik, yaitu :

Pertama, buatlah poin-poin atau bagian-bagian dari isi presentasi Anda yang jelas. Seperti : point pertama, point kedua, point ketiga, point keempat, dan seterusnya. Contohnya :

Ada 3 (tiga) hal penting yang akan membantu Anda untuk dapat membawakan presentasi dengan baik dan benar, yaitu :

  1. Subject Mastery

Menguasai materi yang akan Anda bahas

  1. Sequencing

Memiliki cara untuk menyusun isi presentasi Anda sehingga menarik dan mudah untuk dimengerti

  1. Showmanship

Menampilkan bahasa tubuh yang baik dan menarik serta elegant di hadapan audiens Anda

Kedua, batasi poin – poin yang akan Anda bahas alangkah baiknya tidak lebih dari tiga poin dan tiga poin itu adalah point utama Anda, begitu juga dengan sub poin Anda. Hal ini untuk mempermudah audiens Anda mengingat poin  poin utama Anda. Karena akan sulit bagi audiens Anda untuk melakukan apa yang Anda bicarakan jika mereka sulit mengingat apa yang Anda sampaikan karena terlalu banyak poin  poin nya.

Ketiga, buatlah singkatan yang menarik dari poin  poin utama Anda karena dengan begitu akan makin mempermudah audiens untuk mengingat. Contonya : AA Gym membuat singkatan 3M untuk membuat sebuah perubahan besar. Mulailah dari diri sendiri, Mulailah saat ini dan Mulailah dari hal-hal yang kecil.

Contoh lain : Anthony Robbins seorang Motivator mengatakan terdapat 3S untuk melakukan breakthrough : Story, Stage, Strategy.

Mr. Ongky Hojanto sering mengatakan dalam Belajar Public Speaking untuk menjadi master dalam topik Anda harus 3L : Latihan, Latihan, dan Latihan

Originally posted 2016-01-07 15:57:28.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*