5 TIPS MENGEMBANGKAN CLIENT COMMUNICATION

Posted by on Oct 2, 2023 in Articles | 0 comments

Public Speaking |

“Communication is a skill that you can learn. It’s like riding a bicycle or typing. If you’re willing to work at it, you can rapidly improve the quality of every part of your life.” – Brian Tracy

Client communication adalah istilah umum yang mencakup semua jenis interaksi yang Anda miliki dengan klien, baik di masa lalu, sekarang (yang sudah ada), atau masa depan (calon). Komunikasi bisa dalam bentuk formal atau informal, tertulis atau lisan, dan dapat terjadi melalui berbagai platform atau media.

Cara Anda berkomunikasi secara keseluruhan, khususnya sebagai merek sangat penting, bahkan sebelum prospek berubah klien. Berikut beberapa tips yang bisa mengembangkan client communication dalam bisnis Anda.

1. Melatih karyawan

Karena karyawan sering kali menjadi orang pertama yang berinteraksi dengan klien, penting untuk fokus pada peningkatan keterampilan komunikasi karyawan. Image bisnis Anda bisa mendapatkan banyak manfaat jika pendekatan berfokus pada klien, karena prospek baru dan pelanggan lama dapat melihat bisnis sebagai entitas yang komunikatif dan saling menghormati.

2. Mempermudah komunikasi

Pelanggan atau klien sangat suka jika akses untuk berkomunikasi di permudah. Misalnya, komunikasi lebih mudah jika informasi kontak bisnis Anda di tampilkan. Cantumkan informasi kontak di situs web dan media sosial Anda, dapat mencakup alamat email, nomor telepon customer support, atau comment box. Ketika Anda sarana untuk berkomunikasi menjadi sederhana, maka klien akan merasa didengarkan.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Rasa Takut (2)

3. Pelihara sikap respect

Respect atau rasa hormat dan komunikasi adalah kunci untuk membentuk hubungan saling percaya. Saat Anda menunjukkan respect kepada klien, mereka juga akan menunjukkan respect kepada Anda. Menjaga respect juga berarti menghargai batasan, yang artinya menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kenyamanan dan kepuasan klien.

4. Terbuka terhadap kritik dan saran

Feedback yang Anda terima tergantung pada komunikasi yang terbuka dan sikap saling respect antara kedua belah pihak. Feedback dari klien dapat menjadi cara terbaik untuk mempelajari keinginan mereka dan mengatasi miskomunikasi. Feedback yang bagus memberi kesempatan bagi bisnis untuk melihat dirinya dari perspektif klien dan menentukan kekuatan dan kelemahannya. Minta klien untuk memberikan feedback melalui situs web atau media sosial.

5. Memperbaiki kesalahan atau miskomunikasi

Kesalahan dan miskomunikasi dapat terjadi dalam bisnis apa pun, dan jika diteliti dengan baik, keduanya bisa jadi pengalaman belajar yang positif. Berdiskusi dengan klien dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dapat menumbuhkan rasa saling respect dan menunjukkan bahwa bisnis Anda serius dalam melayani kebutuhan mereka. Mulailah dengan bertanya kepada klien kesalahan apa yang mereka pikir Anda lakukan, lalu bandingkan dengan cara bisnis Anda melihat kesalahan tersebut. Dari sana, Anda dapat menemukan perspektif dari kedua sisi dan bekerjasama untuk mencari solusi.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0812 4950 90

Semoga Bermanfaat!

Sumber: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/client-communication#:~:text=Client%20communication%20is%20important%20because,the%20client%20and%20the%20business.&text=Open%20client%20communication%20can%20also,recommend%20a%20business%20to%20others.

Originally posted 2022-04-04 16:27:23.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*