Komponen Public Speaking | Public Speaking Academy

Posted by on Jun 7, 2016 in Articles | 0 comments

Ada beberapa komponen public speaking yang perlu kita ketahui. Public speaking berkaitan erat dengan retorika, dan retorika adalah bagian dari ilmu komunikasi. Sebenarnya, komponen public speaking hampir sama dengan komponen komunikasi efektif yang meliputi:

  1. Penyampai pesan

Dalam hal ini, pembicara harus memperhatikan teknik-teknik dasar public speaking yang meliputi teknik vokal dan verbal sehingga dapat menampilkan showmanship. Seorang pembicara public speaking harus bisa memahami, bagaimana caranya pesan yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada Audience Anda. Jangan sampai saat Anda sudah berbicara panjang lebar, namun isinya tidak beraturan dan membuat para Audience Anda jadi miss communication.

 

  1. Pesan/ informasi yang disampaikan.

Pesan yang disampaikan harus singkat, padat, dan mudah dicerna. Teknik menyusun dan meramu materi presentasi mutlak diperlukan. Sebelum melakukan pembicaraan, seorang training public speaking juga harus mengidentifikasikan terlebih dahulu apakah script yang akan dibawakan nanti sudah sangat baik dari sebelumnya atau mungkin sebaliknya.

 

  1. Komunikan/ Penerima informasi/ Audience

Pembicara harus cerdas dalam melakukan analisis audiens, minimal analisis psikologi dan demografi. Sebagai seorang pembicara juga harus sudah mengetahui dari kalangan mana saja Audiencenya itu berasal dari kalangan mana saja, berapa rata-rata usia, dan backgroundnya pun harus diperhatikan.

 

  1. Media penyampaian pesan/Informasi.

Mudah tidaknya suatu informasi diterima dan dicerna oleh audiens juga dipengaruhi oleh media yang digunakan. Dalam hal ini, media berperan sebagai sarana pembantu penyampaian informasi. Saat ini cukup banyak media yang bisa digunakan dalam presentasi, seperti media grafis, fotografi, audio, video, dan lingkungan.

 

  1. Feedback/ Umpan balik.

Salah satu indikator suksesnya penyampaian informasi adalah adanya respons/ feedback dari penerima informasi. Dapatkan feedback dari audiens dengan mengamati bahasa tubuh mereka, apakah mereka mengantuk, bosan, cemas, atau antusias dengan ciri-ciri mata berbinar, bertepuk tangan, berpartisipasi menjawab pertanyaan, atau aktif memberikan respon.

Apakah Anda termasuk dalam kategori yang tidak confidence jika berbicara didepan umum? Kami punya solusinya! Ikuti Seminar Public Speaking, mari Belajar Public Speaking bersama Inspirator No. 1 Ongky Hojanto! More Info 0811 349 0909.

Baca juga Artikel Kontak Mata Dalam Public Speaking.

Recent search terms:

  • bagian bagian speaking
  • Bagian bagian pablic s
  • Bagian bagian pablic speaking
  • bagian speaking
  • komponen dari speaking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*