Membawakan Seminar Secara Efektif

Posted by on Oct 18, 2017 in Articles | 0 comments

Ketika Anda ditanya : “Kapan masa belajar Anda yang indah dan tak terlupakan?”. Mungkin,banyak dari Anda menjawab saat menyenangkan itu ketika Anda berada di bangku TK. Padahal masa itu sudah terjadi lama sekali. Banyak orang yang walaupun sudah dewasa, masih mengingat kegiatan belajar waktu mereka masih taman kanak-kanak. Ketika anak-anak, cara pembelajaran lebih ke arah bermain dalam kelompok dan menyenangkan, tapi seiring berjalan waktu, mulai lebih berkurang, itu ada benarnya di SD :4 orang, SMP: 3 orang, SMA :2 dan saat kuliah tinggal sendirian.

Para dosen berpendapat dalam kehidupan nyata itu, Anda harus mandiri, akan tetapi tidak seperti itu adanya. kehidupan nyata lebih berkelompok, collaborasi, Networking.

Neil de grasse tyson pernah berkata :Anak anak dilahirkan mempunyai sifat ingin tau (curiousity) suka menjelajah (explore), menghayal (wonder) dan berimajinasi imaginaton) , Anda dalam 2 tahun pertama di ajar untuk berjalan dan berbicara, selanjutnya seumur hidup disuruh duduk dan diam. (sit and shut up) . Menggelikan, tapi itulah kenyataannya sekarang.

Di dalam suatu seminar public speaking,melakukan presentasi dengan bicara di depan, sementara audience duduk dan mencatat memang tidak salah, tapi tidak akan efektif. Prof john Medina berkata Mengajar hanya membuat peserta duduk diam dan mencatat akan menghasilkan 80 % kegagalan.

Good education is got to be good entertainment. Pendidikan yang baik haruslah merupakan pendidikan yang menyenangkan.untuk belajar public speaking, haruslah lebih aktif dalam mengajak partisipasi audiencenya, buatlah mereka bergerak, buatlah mereka berkelompok, ciptakanlah suasana yang menyenangkan bagi audience Anda dengan berkelompok mereka bisa lebih rileks mendengarkan Anda. Selain itu Anda dapat mempelajari  5 cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking. Dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya ialah, sebaiknya Anda menghindari pemakaian power point yang berlebihan. suatu Survey yang di lakukan di Amerika dan Jepang, kebanyakan dari mereka tidur atau mengantuk ketika profesor atau pembawa seminar hanya membacakan seminar dari power point mereka.

Originally posted 2016-01-07 18:00:10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*