Tak Usah Takut Presentasi, Jika Anda Lakukan Ini

Posted by on Apr 1, 2018 in Articles | 0 comments

Public Speaking Jakarta | Seminar Public Speaking| Bagi sejumlah orang, berbicara depan umum merupakan hal yang menakutkan. Namun, jika kita mengetahui triknya semua akan terasa mudah. Dalam tulisan kali ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, saat hendak presentasi.

1. Jangan membawa barang yang tidak penting atau tidak nyaman bagi Anda
Misalnya membawa ballpoint di saku kemeja, kacamata yang tidak digunakan, dompet di saku celana dan barang lainnya yang bisa menganggu Anda saat presentasi. Buatlah diri Anda senyaman mungkin.

2. Kuasai Materi
Saat menguasai materi tentu akan semakin banyak hal-hal yang disampaikan. Terlebih, jika kita memiliki pengetahuan yang banyak akan menjadi nilai plus. Artinya kita tidak perlu khawatir untuk kehabisan ide untuk menyampaikan materi. Menguasai materi juga akan memimalisir Anda dari kata-kata “eeeee” “eee” yang sangat menganggu audiens Anda.

3. Cerita harus detail
Bercerita saat presentasi akan menambah suasana agar tidak terlalu serius dan membosankan. Namun, Anda harus menceritakan sesuatu yang bisa membangun karakter tokoh itu. Hal ini diperlukan agar cerita tidak monoton. Tapi jangan sampai penuh dengan cerita, namun isi presentasinya sedikit, ingat tujuan utama saat hendak presentasi.

Baca juga: Cara Mengatasi Keadaan Darurat Saat Presentasi

4. Lirikan Mata
Mata yang tidak menarik itu ketika Anda sering melihat ke bawah dan atas, Mata Anda harus melihat ke semua audiens, jangan hanya terpatok pada satu sisi. Dengan begitu, audiens akan merasa diperhatikan oleh Anda.

5. Gerakan Tangan
Jika saat presentasi, Anda hanya menggerakan tangan “yang gitu-gitu aja” akan monoton, seperti gerakan mengiris atau memijat, atau gerakan tangan yang terlalu lebar dan sempit. Agar tidak monoton, Anda bisa menggerakkan tangan dengan teknik menghitung dengan jari, sound effect atau teknik memetik buah cherry.

6. Posisi Kaki
Kaki tidak menarik saat Anda terlalu sering maju-mundur ketika presentasi. Pun jika Anda hanya berdiri di satu sisi, atau mondar-mandir.

Ingin meningkatkan kemampuan Public Speaking kamu  dan lanngsung diajari oleh Master Public Speaking yaitu Ongky Hojanto? segera hubungi: 08124950909 (Intan)

Originally posted 2017-11-28 13:05:10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*